Pecinta Bunga

Untuk para pecinta bunga, disini kami akan membagikan artikel mengenai bunga-bunga hias.

Search This Blog

Recent Posts

Labels

Wednesday, October 24, 2018

Bunga Cantik yang Populer di Indonesia

  ekadilajuniarti       Wednesday, October 24, 2018
Tidak perlu ditanyakan lagi bahwa keindaahan bunga memang sudah jadi favorit orang banyak. Terutama jenis bunga ynag sangat familiar di Indonesia. Bunga biasanya menjadi simbol kasih sayang dan diberikan kepada orang yang kita cintai seperti pasangan kita, keluarga, dan lain sebagainya.

Bunga biasanya dijadikan tanaman hias indor maupun outdor dan bunga juga memiliki makna-makna tertentu. Berkut beberapa jenis bunga yang populer di Indonesia : 

1. Bunga Anggrek 

Anggrek merupakan salah satu jenis bunga yang banyak dibudidayakan dan sangat banyak peminatnya. Dari salah satu jenis anggrek yaitu anggrek bulan, diajukan sebagai bunga nasional dengan julukan puspa pesona. 

Anggrek sendiri memiliki keunikan dibandingkan dengan tanaman bunga lainnya. Anggrek tersebut hidup pada habitat yang cukup gelap, namun juga tetap membutuhkan matahari, akan tetapi intensitasnya tidak sebesar dengan tanaman bunga lainnya. Untuk itu, anggrek biasa di temukan di pepohonan yang besar, hutan dalam, di bawah batu, dan semak belukar. 


Tempat dimana anggrek tumbuh termasuk unik sebab bisa kita temukan di belahan dunia kecuali Antartika, namun kebanyakan anggre tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Selain indonesia, habitat anggrek terbesar bisa kita temukan di Brazil. Anggrek yang berasal dari Indonesia merupakan endemik dan anggrek langka di dunia. 

2. Bunga Mawar 

Bunga mawar dengan julukan Queen Of Flower, alasan diberikan julukan tersebut karena bunga mawar memiliki keunikan yang khas. Selain itu, bunga mawar memiliki aroma yang menarik dan warna beragam yang indah seperti merah, putih, merah muda, kuning, biru, dan ungu. 


Jenis bunga mawar berdasarkan habitatnya di bagi menjadi beberapa jenis, yaitu : 

1. Hybird tea, memiliki ciri-ciri : 
  • Bunga tunggal dengan ukuran yang cukup besar 
  • Tangkainya yang panjang dengan susunan bunga yang kompak 
  • Bunga mawar jenis ini sering dijadikan sebagai bunga potong 
2. Polyantha, hanya memiliki satu rangkaian bunga berukuran kecil 

3. Grandiflora, merupakan penggabungan dari mawar berjenis hybird tea dan floribunda, sehingga seringkali dijadikan sebagai bunga potong dan tanaman hias. 

4. Floribunda, mempunyai tangkai yang cukup panjang dengan bunga yang berpadu menjadi satu rangkaian yang agak besar. 

5. Terakhir Climbing Rose, bunga ynag tumbuh merambat dan jenis bunganya beragam mulai dari bunga tunggal dan rangkap 

3. Bunga Melati 

Bunga melati umumnya bewarna putih dan ungu dengan aroma wangi yang sangat khas. Bunga ini termasuk tanaman perdu dengan ciri memiliki batang tegak dan hidup menahun. Aroma waninya yang khas ini, bunga melati sering dijadikan sebagai bahan kosmetik, parfum, pengharum ruangan, bahan medis, dan aroma teh. 


Melati juga termasuk dalam keluarga zaitun, semak, dan tanaman merambat. Mempunyai 200 species yang tersebar di berbagai belahan dunia yang memiliki iklim tropis dan hangat. 

4. Bunga Matahari 


Bunga matahari identik dengan warna kuning, dan gelap pada bagian tengahnya serta memilik batang yang tinggi dengan akar merambat atau berbonggol besar. 

Bunga ini bersifat musiman karena tumbuh atau ditanam pada musim tertentu. Nama matahri berasal dari bentuknya yang menyerupai matahari yang sedang bersinar dan bunga ini selalu menghadap ke arah matahari atau disebut dengan istilah Heliotropisme. Oleh orang Perancis bunga ini diberi julukan tournesol atau pengelana matahari. 

logoblog

Thanks for reading Bunga Cantik yang Populer di Indonesia

Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post

No comments:

Post a Comment